LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
Oleh
Sang Nyoman Bangbang Kusuma Jaya, S.Pd.
SD NEGERI 7 GEGELANG
SDN 7
GEGELANG
Jalan Raya
Bukit Abah,Desa Gegelang,Kec.Manggis
2016
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
oleh
Sang Nyoman
Bangbang Kusuma Jaya, S.Pd.
NIP 19720929
199606 1 002
Gegelang,
25 Mei 2016
Kepala SD Negeri 7 Gegelang, Koordinator PKB,
I Gede Pinajeng,S.Pd.SD …………………………………….
NIP. 19700904 199304 1 001 NIP
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa yang
bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik
agar menjadi manusia
yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara
yang
demokratis serta bertanggungjawab (UU RI No 20/2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab II Pasal 3).
Untuk itu, pendidik sebagai ujung tombak dalam pendidikan di sekolah perlu
mendapat bermacam pelatihan dan workshop sehingga kompetensi pendidik dapat
ditingkatkan. Dengan kompetensi pendidik meningkat, fungsi pendidikan nasional
akan dapat diwujudkan dengan baik.
Pelaksanaan
pelatihan dan workshop secara serentak tentu tidak mungkin dilaksanakan. Oleh
karena itu, pelatihan dan workshop akan diadakan secara bertahap. Dalam tahap
awal, pelatihan akan diadakan untuk mencetak narasumber nasional. Setelah itu,
narasumber nasional akan mencetak instruktur nasional. Dari instruktur nasional
ini, pendidik/guru sasaran diberikan
pelatihan atau workshop agar pendidik/guru sasaran memiliki persepsi yang sama
dalam mewujudkan fungsi pendidikan nasional.
B.
Tujuan
Tujuan mengikuti pelatihan dan workshop sebagai berikut.
1)
Sebagai wahana untuk meningkatkan wawasan tentang pengimplementasian
Kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
2)
Sebagai upaya untuk meningkatkan keprofesionalan sebagai pendidik.
3)
Sebagai pijakan dalam melakukan kreativitas dan inovasi
pembelajaran.
ISI
Pengembangan Diri Pertama
A.
Waktu
dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan
dilakukan pada bulan Februari 2014. Lama
pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 20
Februari sampai dengan 22 Februari
2014 di UPT.Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kecamatan Manggis.
B.
Penyelenggara
Kegiatan
Kegiatan pelatihan
diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Karangasem.
C.
Nama
Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
D.
Tujuan
Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pendidikan dan Pelatihan Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya sebagai berikut.
1)
Sebagai
wahana untuk memiliki wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya..
2)
Sebagai
upaya untuk untuk membantu tugas kepala dalam pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
E.
Materi
yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang
diperoleh dalam kegiatan pengembangan diri pada Pendidikan dan Pelatihan
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya sebagai berikut.
1)
Kebijakan Dinas Disdikpora
Kabupaten Karangasem selama 3 Jam
2)
Penilaian Kinerja Guru ( PK
Guru )
3)
Pengembangan
Keprofesioanalan Berkelanjutan (
PKB) mencakup tiga hal yaitu:
a) Pengembangan
Diri selama 3 jam.
b) Publikasi
Ilmiah selama 5 jam
c) Karya Inovatif
selama 5 jam
4)
Unsur Pendidkan dan Penunjang selama 3 jam
5)
Simulasi Penilaian DUPAK dan Bukti Fisik selama 5 jam
F.
Tindak
Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri
ini sebagai berikut.
a)
Saya akan
melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SD Negeri 7 Gegelang sesuai
jadwal yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)
Saya akan mengimplementasikan Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya. .
G.
Dampak
setelah Mengikuti Pengembangan Diri
a).Saya menjadi lebih percaya diri sebagai pendidik yang
berkompeten karena
materi-materi yang
didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam
pengimplementasian
Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya.
Target saya yaitu dapat membantu teman dalam
mengajuk usul
Jabatan Fungsional Guru
dan Angka Kreditnya.
PENUTUP
·
Simpulan
Melalui kegiatan
Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya., saya
mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian Pendidkan dan Pelatihan Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan
menambah rasa percaya diri dalam pengimplementasian Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya. Akhirnya, saya memiliki kompetensi dalam pengimplementasian Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya. sebagai wujud pendidik yang professional.
·
Saran-Saran
Saya berharap kegiatan Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga
perbaikan-perbaikan terkait pengajuan usul DUPAK dapat diketahui secara saksama. Dengan
demikian, saya sebagai Peserta Diklat Pendidikan dan Pelatihan Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
dapat mengimbaskan pengimplementasiannya
pada guru dengan baik.
Pengembangan Diri Kedua
A.
Waktu
dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan
dilakukan pada bulan Juli 2014. Lama
pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 23
Juli sampai dengan 27 Juli 2014 di UPT.Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah
Raga Kecamatan Manggis.
B.
Penyelenggara
Kegiatan
Kegiatan pelatihan
diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Bali.
C.
Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Pelatihan
Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas
jenjang SD
D.
Tujuan
Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pelatihan
Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD sebagai berikut.
1)
.Sebagai
wahana untuk memiliki wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian
kurikulum 2013.
2)
Sebagai
upaya untuk menjadi pendidik yang professional dalam pengimplementasian
kurikulum 2013.
3)
Sebagai
upaya untuk menjadi Guru Kelas yang
berkompeten sehingga dapat mentransfer materi Mata Pelajaran Tematik dengan
baik pada siswa.
E.
Materi
yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang
diperoleh dalam kegiatan pengembangan diri pada Pendidikan dan Pelatihan
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya sebagai berikut.
1.
Konsep
kurikulum 2013 yang mencakup empat hal yaitu:
a) Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum
2013 selama 1 jam pelajaran.
b) SKL,KI ,KD dan Strategi Implementasi
Kurikulum 2013 selama 1 jam pelajaran.
c) Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu
Saintifik dan Penilaian Autententi pada Kurikulum 2013 Selama 2 jam.
2.
Analisa Buku
Penggunaan Buku yaitu Penggunaan Buku Siswa dan Buku Guru selama
14 jam pelajaran.
3.
Perancangan Pembelajaran dan Penilaian yang mencakup lima hal
yaitu:
a) Penerapan
Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu selama 3 jam pelajaran.
b) Perancangan
Penilaian Autentik dalam Pembelajaran
Tematik Terpadu selama 9 jam pelajaran.
c) Pelaporan Hasil
Penilaian Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
4.
Praktek Pembelajaran Terbimbing
Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing yang mencakup dua hal
yaitu:
a) Analisis Video
Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
b) Penyusunan RPP
selama 6 jam.
c) Peer Teaching
selama 10 jam
5.
Tes Awal dan Tes Akhir yang mencakup dua hal yaitu:
a). Tes Awal
selama 1 jam pelajaran.
b). Tes Akhir selama
1 jam pelajaran.
F.
Tindak
Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri
ini sebagai berikut.
a) Saya
akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SD Negeri 7 Gegelang sesuai jadwal
yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)
Saya akan mengimplementasikan kurikulum 2013 sesuai dengan tugas saya
sebagai guru kelas di SD Negeri
7 Gegelang.
G.
Dampak
setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Saya menjadi
lebih percaya diri sebagai pendidik yang berkompeten karena materi-materi yang
didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam pengimplementasian
kuriukulum 2013. Target saya yaitu dapat mendidik peserta didik berkompeten
sesuai Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
PENUTUP
·
Simpulan
Melalui kegiatan
Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas
jenjang SD ,
saya mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian kurikulum
2013. Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan menambah
rasa percaya diri dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Akhirnya, saya
memiliki kompetensi dalam pengimplementasian kurikulum 2013 sebagai wujud
pendidik yang professional.
·
Saran-Saran
Saya berharap kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru SD dapat dilaksanakan
setiap tahun sehingga perbaikan-perbaikan terkait kurikulum 2013 dapat
diketahui secara saksama. Dengan demikian, saya sebagai Guru SD
dapat mengimbaskan
pengimplementasian kurikulum 2013 pada siswa dengan baik.
Pengembangan Diri Ketiga
A.
Waktu
dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan
dilakukan pada bulan Agustus 2014. Lama
pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 27 Agustus sampai dengan
30 Agustus 2014 di UPT.Dinas
Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kecamatan Manggis.
A.
Penyelenggara
Kegiatan
Kegiatan pelatihan
diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kecamatan Manggis
B.
Nama
Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Workshop Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas I ,II, IV, dan V .
C.
Tujuan
Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pelatihan
Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD sebagai berikut.
1) Sebagai wahana untuk memiliki wawasan yang
lebih mantap dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
2) Sebagai upaya untuk menjadi pendidik yang professional
dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
3) Sebagai upaya untuk menjadi Guru
Kelas yang berkompeten sehingga dapat
mentransfer materi Mata Pelajaran Tematik dengan baik pada siswa.
D.
Materi
yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang
diperoleh dalam kegiatan pengembangan diri pada Pendidikan dan Pelatihan
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya sebagai berikut.
1). Konsep
kurikulum 2013 yang mencakup empat hal yaitu:
a) Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum
2013 selama 1 jam pelajaran.
b) SKL,KI ,KD dan Strategi Implementasi
Kurikulum 2013 selama 1 jam pelajaran.
c) Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu
Saintifik dan Penilaian Autententi pada Kurikulum 2013 Selama 2 jam.
2). Analisa
Buku
Penggunaan
Buku yaitu Penggunaan Buku Siswa dan Buku Guru selama 14 jam pelajaran.
3). Perancangan
Pembelajaran dan Penilaian yang mencakup lima hal yaitu:
a) Penerapan
Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu selama 3 jam pelajaran.
b) Perancangan
Penilaian Autentik dalam Pembelajaran
Tematik Terpadu selama 9 jam pelajaran.
c) Pelaporan Hasil
Penilaian Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
4). Praktek
Pembelajaran Terbimbing
Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing yang mencakup dua hal
yaitu:
a) Analisis Video
Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
b) Penyusunan RPP
selama 6 jam.
c) Peer Teaching
selama 10 jam
5). Tes Awal
dan Tes Akhir yang mencakup dua hal yaitu:
a) Tes Awal
selama 1 jam pelajaran.
b) Tes Akhir
selama 1 jam pelajaran.
E.
Tindak
Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri
ini sebagai berikut.
a)
Saya akan
melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SD Negeri 7 Gegelang sesuai jadwal
yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)
Saya akan mengimplementasikan kurikulum 2013 sesuai dengan tugas saya
sebagai guru kelas di SD Negeri
7 Gegelang.
F.
Dampak
setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Saya menjadi
lebih percaya diri sebagai pendidik yang berkompeten karena materi-materi yang
didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam pengimplementasian
kuriukulum 2013. Target saya yaitu dapat mendidik peserta didik berkompeten
sesuai Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
PENUTUP
·
Simpulan
Melalui kegiatan
Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas
jenjang SD ,
saya mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian kurikulum
2013. Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan menambah
rasa percaya diri dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Akhirnya, saya
memiliki kompetensi dalam pengimplementasian kurikulum 2013 sebagai wujud
pendidik yang professional.
·
Saran-Saran
Saya berharap kegiatan Pelatihan
Kurikulum 2013 bagi Guru SD dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga
perbaikan-perbaikan terkait kurikulum 2013 dapat diketahui secara saksama.
Dengan demikian, saya sebagai Guru
SD dapat mengimbaskan
pengimplementasian kurikulum 2013 pada siswa
dengan baik.
Pengembangan Diri Keempat
A.
Waktu
dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan
dilakukan pada bulan Juli 2015. Lama
pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 27 Agustus sampai dengan
30 Agustus 2014 di UPT.Dinas
Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kecamatan Manggis.
B.
Penyelenggara
Kegiatan
Kegiatan pelatihan
diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karangasem
C.
Nama
Kegiatan
Kegiatan Pelatihan Kurikulum bagi Tim Pengembang Kurikulum SMP
D.
Tujuan
Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pelatihan
Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD sebagai berikut.
a) Sebagai wahana untuk memiliki wawasan yang
lebih mantap dalam pembuatan Kurikulum SMP.
b) Sebagai upaya untuk menjadi Tim Pengembang
yang professional dalam pengimplementasian pembuatan kurikulum .
c) Sebagai upaya untuk menjadi Tim Pengembang
yang berkompeten sehingga dapat membuat
kurikulum setiap tahun sesuai dengan aturan pemerintah.
E.
Materi
yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang
diperoleh dalam kegiatan Pelatihan Kurikulum bagi Tim Pengembang Kurikulum SMP sebagai berikut.
a)
Pembuatan Kurikulum sesuai kesepakatan menggunakan KTSP
b)
SK dan KD sesuai dengan aturan KTSP
c)
Memuat Muatan Lokal sesuai kondisi daerah
F.
Tindak
Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri
ini sebagai berikut.
a)
Saya akan
melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SMP Negeri Satap Gegelang sesuai jadwal
yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)
Saya akan mengimplementasikan kurikulum
KTSP sesuai dengan tugas saya
sebagai guru mata pelajara di SMP Negeri
Satap Gegelang.
G.
Dampak
setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Saya menjadi
lebih percaya diri sebagai pendidik yang berkompeten karena materi-materi yang
didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam pengimplementasian pembuata
kuriukulum SMP . Target saya yaitu menjadi tim pengembang kurikulum yang andal .
PENUTUP
·
Simpulan
Melalui kegiatan Pelatihan Kurikulum bagi Tim Pengemabang
Kurikulum SMP,
saya mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian pembuatan
kurikulum SMP . Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan
menambah rasa percaya diri dalam pengimplementasian pembuata kurikulum.. Akhirnya, saya memiliki
kompetensi dalam pengimplementasian cara pembuata kurikulum sebagai wujud pendidik yang professional.
·
Saran-Saran
Saya
berharap kegiatan Pelatihan
Kurikulum bagi Tim Pengembang Kurikulum
SMP dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga perbaikan-perbaikan terkait pengemabang kurikulum dapat diketahui secara saksama. Dengan
demikian, saya sebagai Tim Pengembang
Kurikulum SMP dapat mengimbaskan
pengimplementasian pengembangan
kurikulum pada guru dengan baik.
Maju terus pantang mundur ,semoga apa yang dicita-citakan lancar pak
BalasHapus