Rabu, 24 Februari 2016

CONTOH RPP MODEL PEMBELAJARAN NHT PKN



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)


1.   Identitas Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan                        :   SD NEGERI  7  GEGELANG
Kelas                                             :   V ( Lima )
Semester                                        :    I  ( Satu )
Mata Pelajaran                              :   PKN
Alokasi waktu                               :   2 x 35 menit ( 1 pertemuan).

2.   StandarKompetensi
2.   Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. 
3.   Kompetensi Dasar                          
       2.2. Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.

4.  Indikator Pencapaian Kompetensi
a.       Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
b.       Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya.
c.       Mengetahui akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
  1. Mengetahui akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat

5.   Tujuan Pembelajaran
·           Siswa mengetahui dan dapat menyebutkan tata urutan perundang-undangan di Indonesia, serta memahami dan dapat menjelaskan kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia     
6.   Materi Ajar
a.       Pengertian perundang-undangan.
b.      Fungsi peraturan perundang-undangan.

7... Metode Pembelajaran
           
1.   Model Pembelajaran          :    Numered Head Togeter (NHT)
2.   Metode Ajar                      :    1.    Ceramah                         
                                                     2.    Penugasan                    
                                                     3.    Diskusi                         
                                                     4.    Presentasi
                                                                                                     
3.   Teknik                               :    1.    Ceramah interaktif/bervariasi       
                                                     2.    Penugasan individual
                                                     3.    Diskusi perorangan
                                                     4.    Presentasi individual    
                                                     
8.   Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Alokasi Waktu
1.      Salam
2.      Presensi/absensi
3.      Motivasi
4.      Apersepsi
5.      Penyampaian tujuan pelajaran/cakupan materi
5 menit
Kegiatan Inti

A.  Explorasi
1.      Menjelaskan materi
2.      Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang mataeri yang dibahas
3.      Memberi informasi tambahan terhadap materi yang diajar
10 menit
B.  Elaborasi
1.      Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 5 Kelompok, dan memberikan angora kelompok dengan nomor.
2.      Guru memberikan sejumlah pertanyaan pada siswa
3.      Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
4.      Guru mengundi nomor siswa yang akan menjawab pertanyaan.
5.      Setiap siswa yang nomornya keluar menjawab pertanyaan yang diberikan guru
6.      Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
40 menit
C.  Konfirmasi
1.      Memberi bantuan untuk memecahkan masalah
2.      Memberi kesempatan berpikir

10 menit
Penutup
1.      Membuat rangkuman
2.      Member umpan balik
5 menit
Jumlah waktu keseluruhan yang digunakan
70 menit

9. .  Sumber/Bahan Belajar
§  Kartu berisi tulisan urutan tata perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
§  Berbagai artikel di koran atau surat kabar tentang berbagai peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)



               10. Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
§  Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya.


§ Mengetahui akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§ Mengetahui akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§ Tugas       
§ kelompok.








§ Tugas individu.
§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)

§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja .
§ UUD 1945 merupakan peraturan yang terdapat pada tataran .... dan  berfungsi sebagai .... (dan lain-lain)





§ Apa akibat melanggar peraturan daerah yang berisi larangan  merokok di tempat umum?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                Bukit Abah, ......................................2015
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  I Gede Pinajeng,S.Pd.SD                            Sang Nyoman bangbang KusumaJ.S.Pd
  NIP :19700904 199304 1 001                      NIP :19720929 199606 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar