Kamis, 18 Februari 2016

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI



LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI







Oleh
Sang Nyoman Bangbang Kusuma Jaya, S.Pd.
SD NEGERI 7 GEGELANG

























SDN 7 GEGELANG
Jalan Raya Bukit Abah,Desa Gegelang,Kec.Manggis
2016

































































































LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI







oleh
Sang Nyoman Bangbang Kusuma Jaya, S.Pd.
NIP 19720929 199606 1 002



















                                                                            Gegelang, 25 Mei  2016

          Kepala SD Negeri 7 Gegelang,                Koordinator PKB,


          I Gede Pinajeng,S.Pd.SD                          …………………………………….
          NIP. 19700904 199304 1 001                   NIP





PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat                dalam    rangka mencerdaskan kehidupan             bangsa  yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis   serta   bertanggungjawab (UU RI No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab II Pasal 3). Untuk itu, pendidik sebagai ujung tombak dalam pendidikan di sekolah perlu mendapat bermacam pelatihan dan workshop sehingga kompetensi pendidik dapat ditingkatkan. Dengan kompetensi pendidik meningkat, fungsi pendidikan nasional akan dapat diwujudkan dengan baik.

Pelaksanaan pelatihan dan workshop secara serentak tentu tidak mungkin dilaksanakan. Oleh karena itu, pelatihan dan workshop akan diadakan secara bertahap. Dalam tahap awal, pelatihan akan diadakan untuk mencetak narasumber nasional. Setelah itu, narasumber nasional akan mencetak instruktur nasional. Dari instruktur nasional ini,  pendidik/guru sasaran diberikan pelatihan atau workshop agar pendidik/guru sasaran memiliki persepsi yang sama dalam mewujudkan fungsi pendidikan nasional.  

B.   Tujuan
Tujuan mengikuti  pelatihan dan workshop sebagai berikut.
1)      Sebagai wahana untuk meningkatkan wawasan tentang pengimplementasian Kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
2)      Sebagai upaya untuk meningkatkan keprofesionalan sebagai pendidik.
3)      Sebagai pijakan dalam melakukan kreativitas dan inovasi pembelajaran.

ISI
Pengembangan Diri   Pertama
A.   Waktu dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan dilakukan pada bulan Februari  2014. Lama pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 20  Februari sampai dengan 22 Februari  2014 di UPT.Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kecamatan Manggis.

B.   Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan pelatihan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Karangasem.

C.   Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

D.   Tujuan Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  sebagai berikut.
1)      Sebagai wahana untuk memiliki wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya..
2)      Sebagai upaya untuk  untuk membantu  tugas kepala dalam pelaksanaan  Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

E.    Materi yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang diperoleh dalam kegiatan pengembangan diri pada Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  sebagai berikut.
1)      Kebijakan Dinas Disdikpora  Kabupaten Karangasem  selama 3 Jam
2)      Penilaian  Kinerja Guru ( PK Guru )
3)      Pengembangan  Keprofesioanalan Berkelanjutan  ( PKB)  mencakup tiga  hal yaitu:
a)    Pengembangan Diri selama 3 jam.
b)   Publikasi Ilmiah selama  5 jam
c)    Karya Inovatif selama  5 jam
4)      Unsur Pendidkan dan Penunjang selama 3 jam
5)      Simulasi Penilaian DUPAK dan Bukti Fisik selama 5 jam

F.    Tindak Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini sebagai berikut.
a)    Saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SD Negeri 7 Gegelang  sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)   Saya akan  mengimplementasikan  Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. .

G.   Dampak setelah Mengikuti Pengembangan Diri
a).Saya menjadi lebih percaya diri sebagai pendidik yang berkompeten karena  
    materi-materi yang didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam  
    pengimplementasian Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka
    Kreditnya.  Target saya yaitu dapat membantu teman dalam mengajuk usul
    Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
PENUTUP
·         Simpulan
Melalui kegiatan Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya., saya mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan menambah rasa percaya diri dalam pengimplementasian Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Akhirnya, saya memiliki kompetensi dalam pengimplementasian Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. sebagai wujud pendidik yang professional.

·         Saran-Saran
Saya berharap kegiatan Pendidkan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga perbaikan-perbaikan terkait pengajuan usul DUPAK  dapat diketahui secara saksama. Dengan demikian, saya sebagai Peserta Diklat Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  dapat mengimbaskan pengimplementasiannya  pada guru  dengan baik.



Pengembangan Diri   Kedua
A.     Waktu dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan dilakukan pada bulan Juli  2014. Lama pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 23  Juli  sampai dengan 27  Juli  2014 di UPT.Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kecamatan Manggis.

B.      Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan pelatihan diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Bali.

C.    Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Pelatihan  Kurikulum 2013  bagi Guru Kelas jenjang SD

D.   Tujuan Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pelatihan  Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD  sebagai berikut.
1)      .Sebagai wahana untuk memiliki wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
2)      Sebagai upaya untuk menjadi pendidik yang professional dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
3)      Sebagai upaya untuk menjadi Guru Kelas  yang berkompeten sehingga dapat mentransfer materi Mata Pelajaran Tematik dengan baik pada siswa.

E.    Materi yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang diperoleh dalam kegiatan pengembangan diri pada Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  sebagai berikut.
1.       Konsep kurikulum 2013 yang mencakup empat hal yaitu:
a)    Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013 selama 1 jam pelajaran.
b)   SKL,KI ,KD dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013 selama 1 jam pelajaran.
c)    Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu Saintifik dan Penilaian Autententi pada Kurikulum 2013 Selama 2 jam.
2.       Analisa Buku
Penggunaan Buku yaitu Penggunaan Buku Siswa dan Buku Guru selama 14 jam pelajaran.
3.       Perancangan Pembelajaran dan Penilaian yang mencakup lima hal yaitu:
a)    Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu selama 3 jam pelajaran.
b)   Perancangan Penilaian Autentik  dalam Pembelajaran Tematik Terpadu selama 9 jam pelajaran.
c)    Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
4.       Praktek Pembelajaran Terbimbing
Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing yang mencakup dua hal yaitu:
a)    Analisis Video Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
b)   Penyusunan RPP selama 6 jam.
c)    Peer Teaching selama 10 jam
5.       Tes Awal dan Tes Akhir yang mencakup dua hal yaitu:
a). Tes Awal selama  1 jam pelajaran.
b). Tes Akhir selama 1 jam pelajaran.


F.       Tindak Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini sebagai berikut.
a)      Saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SD Negeri 7 Gegelang sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)      Saya akan  mengimplementasikan  kurikulum 2013 sesuai dengan tugas saya sebagai guru kelas  di SD  Negeri  7 Gegelang.

G.     Dampak setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Saya menjadi lebih percaya diri sebagai pendidik yang berkompeten karena materi-materi yang didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam pengimplementasian kuriukulum 2013. Target saya yaitu dapat mendidik peserta didik berkompeten sesuai Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.

PENUTUP
·         Simpulan
Melalui kegiatan Pelatihan  Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD , saya mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan menambah rasa percaya diri dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Akhirnya, saya memiliki kompetensi dalam pengimplementasian kurikulum 2013 sebagai wujud pendidik yang professional.

·         Saran-Saran
Saya berharap kegiatan Pelatihan  Kurikulum 2013 bagi Guru SD dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga perbaikan-perbaikan terkait kurikulum 2013 dapat diketahui secara saksama. Dengan demikian, saya sebagai  Guru SD   dapat mengimbaskan pengimplementasian kurikulum 2013 pada siswa  dengan baik.



Pengembangan Diri   Ketiga
A.   Waktu dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan dilakukan pada bulan Agustus  2014. Lama pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 27 Agustus  sampai dengan  30 Agustus  2014 di UPT.Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kecamatan Manggis.

A.   Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan pelatihan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kecamatan Manggis
B.   Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Workshop Implementasi   Kurikulum 2013  bagi Guru Kelas I ,II, IV, dan V .



C.   Tujuan Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pelatihan  Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD  sebagai berikut.
1)      Sebagai wahana untuk memiliki wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
2)      Sebagai upaya untuk menjadi pendidik yang professional dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
3)      Sebagai upaya untuk menjadi Guru Kelas  yang berkompeten sehingga dapat mentransfer materi Mata Pelajaran Tematik dengan baik pada siswa.

D.   Materi yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang diperoleh dalam kegiatan pengembangan diri pada Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  sebagai berikut.
1). Konsep kurikulum 2013 yang mencakup empat hal yaitu:
a)      Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013 selama 1 jam pelajaran.
b)      SKL,KI ,KD dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013 selama 1 jam pelajaran.
c)       Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu Saintifik dan Penilaian Autententi pada Kurikulum 2013 Selama 2 jam.
2). Analisa Buku
Penggunaan Buku yaitu Penggunaan Buku Siswa dan Buku Guru selama 14 jam pelajaran.
3). Perancangan Pembelajaran dan Penilaian yang mencakup lima hal yaitu:
a)      Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu selama 3 jam pelajaran.
b)      Perancangan Penilaian Autentik  dalam Pembelajaran Tematik Terpadu selama 9 jam pelajaran.
c)       Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
4). Praktek Pembelajaran Terbimbing
Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing yang mencakup dua hal yaitu:
a)      Analisis Video Pembelajaran selama 2 jam pelajaran.
b)      Penyusunan RPP selama 6 jam.
c)       Peer Teaching selama 10 jam
5). Tes Awal dan Tes Akhir yang mencakup dua hal yaitu:
a)      Tes Awal selama  1 jam pelajaran.
b)      Tes Akhir selama 1 jam pelajaran.

E.      Tindak Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini sebagai berikut.
a)      Saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SD Negeri 7 Gegelang sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)      Saya akan  mengimplementasikan  kurikulum 2013 sesuai dengan tugas saya sebagai guru kelas  di SD  Negeri  7 Gegelang.
F.    Dampak setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Saya menjadi lebih percaya diri sebagai pendidik yang berkompeten karena materi-materi yang didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam pengimplementasian kuriukulum 2013. Target saya yaitu dapat mendidik peserta didik berkompeten sesuai Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.

PENUTUP
·         Simpulan
Melalui kegiatan Pelatihan  Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD , saya mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan menambah rasa percaya diri dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Akhirnya, saya memiliki kompetensi dalam pengimplementasian kurikulum 2013 sebagai wujud pendidik yang professional.

·         Saran-Saran
Saya berharap kegiatan Pelatihan  Kurikulum 2013 bagi Guru SD dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga perbaikan-perbaikan terkait kurikulum 2013 dapat diketahui secara saksama. Dengan demikian, saya sebagai  Guru SD   dapat mengimbaskan pengimplementasian kurikulum 2013 pada siswa  dengan baik.


Pengembangan Diri   Keempat
A.   Waktu dan Lama Pelaksanaan
Pelaksanaan pelatihan dilakukan pada bulan Juli  2015. Lama pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 27 Agustus  sampai dengan  30 Agustus  2014 di UPT.Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kecamatan Manggis.

B.   Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan pelatihan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten  Karangasem
C.   Nama Kegiatan
Kegiatan Pelatihan Kurikulum bagi Tim Pengembang Kurikulum SMP
D.   Tujuan Mengikuti Pengembangan Diri
Ada tiga tujuan saya mengikuti pengembangan diri melalui Pelatihan  Kurikulum 2013 bagi Guru Kelas jenjang SD  sebagai berikut.
a)      Sebagai wahana untuk memiliki wawasan yang lebih mantap dalam pembuatan Kurikulum SMP.
b)      Sebagai upaya untuk menjadi Tim Pengembang yang professional dalam pengimplementasian pembuatan  kurikulum .
c)       Sebagai upaya untuk menjadi Tim Pengembang   yang berkompeten sehingga dapat membuat kurikulum setiap tahun sesuai dengan aturan pemerintah.

E.    Materi yang Diperoleh dalam Kegiatan Pengembangan Diri
Materi yang diperoleh dalam kegiatan Pelatihan Kurikulum bagi Tim Pengembang  Kurikulum SMP   sebagai berikut.
a)      Pembuatan Kurikulum sesuai kesepakatan menggunakan KTSP
b)      SK dan KD sesuai dengan aturan KTSP
c)       Memuat Muatan Lokal sesuai kondisi daerah
F.    Tindak Lanjut setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini sebagai berikut.
a)      Saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di SMP Negeri Satap Gegelang sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah.
b)      Saya akan  mengimplementasikan  kurikulum  KTSP  sesuai dengan tugas saya sebagai guru mata pelajara  di SMP  Negeri  Satap  Gegelang.

G.   Dampak setelah Mengikuti Pengembangan Diri
Saya menjadi lebih percaya diri sebagai pendidik yang berkompeten karena materi-materi yang didapat selama pelatihan memberikan penguatan dalam pengimplementasian pembuata kuriukulum SMP . Target saya yaitu menjadi tim pengembang kurikulum yang andal .


PENUTUP
·         Simpulan
Melalui kegiatan Pelatihan Kurikulum bagi Tim Pengemabang Kurikulum SMP, saya mempunyai wawasan yang lebih mantap dalam pengimplementasian pembuatan kurikulum SMP . Selain itu, penguatan-penguatan yang didapat selama pelatihan menambah rasa percaya diri dalam pengimplementasian pembuata  kurikulum.. Akhirnya, saya memiliki kompetensi dalam pengimplementasian cara pembuata kurikulum  sebagai wujud pendidik yang professional.

·         Saran-Saran
Saya berharap kegiatan Pelatihan Kurikulum  bagi Tim Pengembang Kurikulum SMP dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga perbaikan-perbaikan terkait  pengemabang kurikulum  dapat diketahui secara saksama. Dengan demikian, saya sebagai Tim Pengembang  Kurikulum SMP  dapat mengimbaskan pengimplementasian  pengembangan kurikulum  pada guru  dengan baik.























1 komentar:

  1. Maju terus pantang mundur ,semoga apa yang dicita-citakan lancar pak

    BalasHapus